Minggu, 12 Desember 2010

GRYFFINDOR HOUSE




Pendiri Hogwarts


Di seri fiksi Harry Potter, yang ditulis oleh novelis Britania J.K. Rowling, empat karakter disebut sebagai pendiri sekolah sihir Hogwarts. Sekolah ini merupakan tempat utama dari seluruh cerita Harry Potter dan kebanyakan karakter utama, termasuk Harry Potter, terdaftar atau bekerja di sini. Di alam fiksinya Rowling, Hogwarts didirikan seribu tahun yang lalu oleh empat penyihir yang terbesar saat itu: Godric GryffindorHelga HufflepuffRowena Ravenclaw dan Salazar Slytherin. Setiap pendiri ini memiliki satu dari empat Asrama Hogwartsyang diberi nama menurut nama mereka.

Di dalam novel, informasi tentang para pendiri kebanyakan berasal dari salah satu barang peninggalan mereka, yaitu Topi Seleksi. Beberapa hal berikut ini diketahui sebagai hal yang dikerjakan bersama-sama, diantaranya: Keempat orang ini tinggal pada suatu waktu di abad ke-10atau ke-11 di Britania. Mereka dianggap sebagai penyihir terbesar pada masa itu, dan di komunitas sihir mereka mencapai status yang hampir mitos. Barang peninggalan mereka berharga sangat tinggi, dan merupakan simbol dari kebanggaan yang paling dalam bagi keturunan mereka (seperti yang diperlihatkan oleh Keluarga Gaunt).
Walaupun begitu, hanya Slytherin yang digambarkan secara detail, kebanyakan tentang figur dia dapat dilihat di Harry Potter dan Kamar Rahasia. Di penerbitan ketujuh, Harry Potter dan Relikui Kematian, banyak informasi yang didapatkan tentang Godric Gryffindor dan Rowena Ravenclaw.
Asrama Hogwarts adalah asrama yang digunakan para murid di sekolah sihir Hogwarts sebagai tempat tinggal selama belajar di Hogwarts, pembagian asrama ini berdasarkan seleksi yang dilakukan oleh topi seleksi. Di seri Harry Potter, Sekolah Sihir Hogwarts terbagi menjadi empat asrama, masing-masing menggunakan nama keluarga pendirinya Godric Gryffindor, Salazar Slytherin, Rowena Ravenclaw dan Helga Hufflepuff. Asrama-asrama tersebut saling bersaing selama mereka bersekolah, dengan menambah atau mengurangi angka dari berbagai peristiwa, untuk memperoleh Piala Asrama. Masing-masing memiliki tim Quidditch tersendiri yang bersaing dalam memperebutkan Piala Quidditch. Kompetisi yang paling sering terjadi antara Asrama Gryffindor dan Slytherin.
Professor Binns (Guru Sejarah Sihir) berkomentar mengenai pendiri Hogwarts: "Pendiri membangun sekolah ini bersama, jauh dari mata para Muggle, dimana pada saat itu sihir sangat ditakuti oleh sebagian besar manusia dan penyihir mendapat banyak penyiksaan."

The Gryffin

Inilah makhluk berbadan singa, punya kepala dan sayap elang raksasa.
Dapat juga disebut "Gryffin d'Or" atau "gryffin emas" 
(d'or berarti "dari emas" dalam bahasa Romawi).
Uniknya, pada legenda asal Gryffin ini disebut sebagai lambang KEJAHATAN, 
meski pada akhirnya berubah jadi lambang KEBAIKAN.
Sejak itulah Griffin dipercaya menjaga harta karun dan anak-anak.
Meski demikian tidak mudah baginya percaya pada orang lain.
Sudah jadi "nature"-nya Griffin itu tukang pilih2 teman. Dan mungkin inilah 
yang membuat Harry bisa masuk ke asrama ini. Harry kan pilih-pilih juga, 
karena dia memang orang yang bisa dipercaya, berani, pandai,..mirip
Griffin.

Godric Gryffindor




Godric Gryffindor adalah pendiri asrama Gryffindor dalam cerita serial Harry Potter, dimana ia bersama 3 rekannya yang lain mendirikan sekolah sihir Hogwarts. Peninggalan Gryffindor adalah pedang berhiaskan rubi yang dibuat olehgoblin dan Topi Seleksi. Kedua benda ini memiliki keunikan tersendiri, dimana bila seseorang yang bersifat seperti Gryffindor memerlukannya, pedang akan keluar daritopi. Pedang ini digunakan oleh Harry Potter untuk membunuh basilisk di Harry Potter dan Kamar Rahasiaserta oleh Neville untuk membunuh Nagini (ular sekaligusHorcrux Voldemort) di tahun ke-7.
Gryffindor dikatakan memiliki keberanian yang terpuji, kebulatan tekad dan kekuatan hati di atas semua kualitas. Oleh karena itu, ia memilih siswa untuk asramanya berdasarkan dari keberaniannya. Ia juga mendukung agar Hogwarts menerima penyihir kelahiran Muggle.
Gryffindor ditampilkan sebagai "Penyihir Bulan ini" untuk Juli 2007 di situs J.K. Rowling, dimana profil yang ditulis adalah:
"One of the four famous Founders of Hogwarts School of Witchcraft and Wizardry, Godric Gryffindor was the most accomplished dueller of his time, an enlightened fighter against Muggle-discrimination and the first owner of the celebrated Sorting Hat."[1]
Nama Godric merupakan bentuk dari Anglo-Saxon, dan memiliki beberapa arti, seperti, "Ia yang berkuasa dengan Tuhan" atau "Ia yang berkuasa dengan baik."[2]
Gryffindor dan asramanya ditandakan dengan seekor Singa Emas dengan latar belakang merah. Pada awalnya ia merupakan sahabat baik Salazar Slytherin, tetapi persahabatan itu terputus, walaupun belum pernah dinyatakan, tetapi bisa jadi perbedaan pandangan terhadap penyihir kelahiran Muggle yang menjadi alasan mereka berpisah.
Teori umum dikalangan penggemar Harry Potter adalah baik Harry Potter ataupun Albus Dumbledore bisa jadi keturunan Gryffindor, dimana keduanya berasal dari asrama Gryffindor dan dipasang sebagai musuh alami Voldemort, keturunan Slytherin; akan tetapi, tidak ada satu bukupun yang menjelaskan hal tersebut.



Ada empat Animagi dikenal  dari asrama Gryffindor ( James Potter [ Rusa Jantan], Sirius Black [Anjing], Peter Pettigrew [Tikus], dan Minerva McGonagall [a Cat]), dan Hermione Granger tercatat sangat berbakat di Transfigurasi dari kelas pertama. 


Tim Quidditch Gryffindor baru memenangkan beberapa kejuaraan di tahun ke-3 Harry Potter bersekolah di Hogwarts. Anggota tim Gryffindor antara lain: Oliver Wood (sudah lulus), Angelina Johnson, Alicia Spinnet, Katie Bell, Fred dan George Weasley, Cormac McLaggen, Ron Weasley dan Harry Potter sendiri.


GRYFFINDOR
Pendiri : Godric Gryffindor
Lambang : singa
Warna : Merah dan Emas
Letak:di satu benteng tertinggi menara hogwarts, pintu masuk yang terletak di lantai tujuh dibelakang lukisan nyonya gemuk
Hantu : Sir Nicholas de Mimsy-Porpington
Kepala asrama : Transfigurasi guru, Minerva McGonagall
Lukisan :fat Lady
Peninggalan Gryffindor : topi seleksi yang dulu adalah miliknya dan pedang bertahtakan permata dan diukir dengan nama Godric Gryffindor
Murid-murid yang tinggal di asrama Gryffindor digambarkan sebagai orang-orang yang gagah berani.


>Deskripsi Coomon room :
Berbentuk bulat
Ruang umum berisi banyak kursi empuk, perapian, dan meja The. Perapian yang terhubung ke jaringan Floo , tetapi karena sangat umum kecuali di tengah malam, The Common Room Gryffindor terletak di salah satu benteng menara (Gryffindor Tower), pintu masuk yang terletak di lantai tujuh dan dijaga oleh lukisan minyak dari Nyonya Gemuk , yang memakai gaun sutra pink. Dia hanya memberikan izin masuk hanya setelah diberi kata kunci yang benar (para Prefek teratur mengubah password). Di belakangnya adalah sebuah ruangan umum yang besar, dengan perapian, dan dua tangga yang mengarah ke kamar anak laki-laki dan kamar perempuan (terpisah). Hal ini sangat nyaman dan anggota Gryffindor sering bertemu di sana untuk belajar secara berkelompok, perayaan, atau relaksasi.
Gryffindor biasanya menggunakan burung hantu untuk berkomunikasi dengan keluarga mereka sebagai gantinya. Ada juga papan pengumuman , untuk pengumuman umum seperti tanggal berikutnya Hogsmeade akhir pekan, tetapi juga untuk pemberitahuan dari masing-masing siswa yang ingin membeli atau menjual bekas buku , atau perdagangan kartu Cokelat Kodok , atau serupa, karena di sekolah manapun.

>Motto :
-Mana yang berani tinggal di hati,
-Berani mereka, saraf, dan ksatria Gryffindor terpisah;
#Diambil dari lagu-lagu topi Sorting



Daftar penyihir dari Gryffindor





Tidak ada komentar:

Posting Komentar