Sabtu, 11 Desember 2010

♣Indonesian Hogwarts school of witchcraft and wizardry♣

  1. ACCIO Membuat benda melayang mendekati pemantra, meskipun dari jarak yang cukup jauh. Catatan : Pemantra sedikitnya harus tahu benar letak benda yang ia cari. Mantra ini digunakan untuk memanggil barang. Accio , dan gelas pun akan terbang ke arahmu. Kata Accio  ternyata berasal dari bahasa Latin yang artinya aku memanggil. 
  2. ALARTE ASCENDARE : Mantra untuk mementalkan benda ke udara.
  3. ALOHOMORA Membuka pintu atau jendela yang terkunci. Penyihir tidak memerlukan trik muggle seperti membuka pintu dengan jepit rambut untuk membuka pintu yang terkunci. Mantra pembuka kunci biasanya digunakan untuk membuka pintu yang telah dikunci dengan mantra Colloportus ataupun yang terkunci secara manual. Namun ada beberapa mantra pengunci yang tidak bisa dibuka dengan Alohomora. 
  4. ANAPNEO: Menyingkirkan benda asing dari saluran pernapasan.
  5. APARECIUM : Mantra yang memperlihatkan tulisan dengan tinta tidak terlihat.
  6. APPARATE Muncul di tempat manapun yang diinginkan. Catatan : Hanya boleh dilakukan oleh penyihir berusia minimal 17 tahun dan telah lulus tes. Tidak dapat dipergunakan di lingkungan Hogwarts, serta merupakan salah satu mantra yang sulit dan kompleks, salah sedikit saja dapat membuat salah satu anggota tubuh si pemantra tertinggal di tempat asalnya sebelum ia berpindah. 
  7. AQUAMENTI: Mantra memunculkan air dari ujung tongkat.
  8. ARRESTO MOMENTUM: Mantra untuk melambatkan benda
  9. ASCENDIO : Mantra yang membuat sang perapal mantra melesat ke atas 
  10. AVADA KEDAVRA Salah satu Kutukan Tak Termaafkan. Menyebabkan kematian seketika. Saat dirapalkan, akan ada kilatan cahaya berwarna hijau dan biasanya tidak meninggalkan bukti kerusakan pada tubuh maupun sebab kematian sehingga tidak dapat dideteksi oleh otopsi kaum Muggle.Dalam bahasa Aramaic, ‘Avada Kedavra’ berarti ‘I will destroy as I speak’. Bunyinya mirip dengan ‘Abracadabra’, yang merupakan mantra kuno dari abad kedua yang sering dipakai untuk memanggil roh halus dan meminta perlindungan. 
  11. AVIS Mengeluarkan burung kecil.
  12. BOMBARDA: Mantra untuk meledakkan barang
  13. CARPE RETRACTUM: Mantra untuk menarik objek ke si perapal mantra. 
  14. COLLOPORTUS : Mantra ini merupakan mantra pengunci yang membuat pintu menjadi tidak bisa dibuka. Mantra yang sangat cocok jika sedang ingin menyendiri di dalam kamar dan tidak ingin diganggu. Sayangnya penyihir di bawah umur tidak diijinkan melakukan sihir di luar Hogwarts. Lafal mantranya adalah “Colloportus”. 
  15. CRUCIO Salah satu dari tiga Kutukan Tak Termaafkan. Kutukan ini menyebabkan korban mendapatkan kesakitan yang tak tertahankan. Beberapa korban kutukan ini menjadi gila. Dalam bahasa Latin, ‘crucio’ artinya ’saya menyiksa’.
  16. DELETRIUS Menghapus bayangan hantu yang dihasilkan oleh mantra Priori Incantatem.
  17. DENSAUGEO Membuat gigi terus membesar
  18. DIFFINDO Merobek sesuatu (seperti tas). 
  19. DEPULSO: Mantra untuk mendorong suatu objek 
  20. DISAPPARATE Menghilang dari suatu tempat. (kebalikan dari mantra Apparate) 
  21. DISSENDIUM Membuka pintu rahasia.
  22. ENGORGIO Membuat ukuran target menjadi berlipat ganda.
  23. ENNERVATE Menyadarkan orang yang pingsan 
  24. EPISKEY : Mantra untuk menyembuhkan/memperbaiki kerusakan pada korban.
  25. EVANESCO: Mantra untuk melenyapkan benda
  26. ERECTO : Mantra untuk meluruskan target objek dan membuatnya berdiri.
  27. EXPECTO PATRONUM Menciptakan Patronus (pelindung) untuk mengusir Dementor. Catatan : Sebentuk asap keperakan akan keluar dari ujung tongkat sihir saat menggunakan mantra ini. Bentuknya bermacam-macam, biasanya binatang. Kuat tidaknya Patronus, tergantung kepada kekuatan pikiran pemantra. Patronus adalah perwujudan pikiran-pikiran baik dan bahagia pemantra. Lagi-lagi mantra ini diambil dari bahasa Latin yaitu ‘expecto’ yang artinya ‘menunggu/berharap’, dan ‘patronus’ yang artinya ‘pelindung’. Jadi kurang lebih expecto patronum itu artinya ‘menunggu datangnya pelindung’. Dan sekali lagi bagaimana dengan kita yang seorang muggle? Tidak diragukan lagi, kita mungkin pernah mengalaminya, atau bahkan sering, saat-saat dimana ketika kita menghadapi sebuah masalah hingga kita seperti kehilangan kebahagiaan, kehilangan semangat hidup, yang ada sepertinya hanyalah kesedihaan (jangan-jangan memang ada dementor disekitar kita ). Seperti halnya penguasaan mantra riddicullus dialam bukan sihir, matra patronus dialam bukan sihir juga kita harus kuasai dengan cara yang sama, mainkan imajinasimu, tidak perlu mantra. Seperti halnya penguasaan patronus, ini juga akan sangat susah, perlu latihan dan kerja keras. Karena bagaimana kita bisa membayangkan kebahagiaan ditengan kesedihan yang mendera kita. Namun susah bukan berarti tidak bisa kan. Kalau kita tidak ingin Dementor mengambil kebahagiaan kita, sepertinya kita juga harus menguasai ‘mantra patronus’. Tidak percaya? Sekali lagi, boleh dicoba, masih tetap gratis.
  28. EXPELLIARMUS Melucuti senjata lawan. Diambil dari bahasa Latin ‘expellere’ yang artinya ‘mengeluarkan/melepaskan’, dan ‘arma’ yang artinya ’senjata.’
  29. FERULA Membalut dan membelat kaki yang patah.
  30. FIDELIUS Menyembunyikan seseorang atau beberapa orang. Catatan : Mantra ini sangat rumit dan kuat, karena dapat menyembunyikan seseorang maupun beberapa orang sekaligus dari orang-orang yang mencari.
  31. FINITE INCABTATUM Menghentikan mantra-mantra yang sedang bekerja. 
  32. FLAGRATE: Memunculkan garis api di udara, yang bisa digambar/ditulis menjadi bentuk apapun.
  33. FURNUNCULUS Menyebabkan bisul bermunculan di seluruh wajah. 
  34. GLACIUS: Mantra untuk membekukan benda
  35. IMPEDMENTA Menghentikan atau memperlambat sebuah obyek. ‘Impedimenta’ dalam bahasa Latin artinya ‘halangan’. Mantra ini biasa dipakai untuk membuat rintangan demi memperlambat pergerakan musuh.
  36. IMPERIO Salah satu Kutukan Tak Termaafkan. Kutukan ini membuat korban menjadi sepenuhnya dibawah pengaruh perapal mantra, dan melakukan apa pun yang diinginkan oleh sang pemantra.
  37. IMPERVIUS Membuat sesuatu jadi tahan / kedap air. 
  38. IMMOBULUS : Mantra untuk membekukan gerakan lawan.
  39. INCARCEROUS: Mengeluarkan tali tebal untuk membelit objek. 
  40. INCEDIO Menyalakan api.
  41. INFLAMARAE : Mantra untuk menciptakan api dari tongkat. 
  42. LACARNUM INFLAMARAE : Mantra yang digunakan untuk menciptakan api dari tongkat. Fungsinya setara dengan penggunaan korek api atau pemantik di dunia muggle. Penggunaannya harus berhati-hati karena bisa menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan kecuali pengguna telah menguasai mantra untuk memunculkan air juga. Lafal mantranya adalah “Lacarnum Inflamare”.
  43. LEVICORPUS (Non-Verbal): Mantra untuk membuat target bergelantungan terbalik di udara
  44. LEVICORPUS CONFUNDO : Mantra untuk membuat korban linglung/kebingungan.
  45. LIBERACORPUS: Mantra untuk mengembalikan orang yang terkena mantra
  46. LOCOMOTOR MORTIS ' Mengikat' kaki korban, sehingga tidak dapat berjalan.
  47. LUMOS Menyalakan sebuah cahaya kecil di ujung tongkat.
  48. MOBILICORPUS Menggerakkan atau memindahkan tubuh seseorang. Catatan : Biasanya digunakan saat korbannya dalam keadaan tidak sadar atau tidak berdaya.
  49. MORS MORDE Memunculkan gambar tengkorak yang bercahaya, di langit, dan seekor ular keluar dari mulut tengkorak. Merupakan tanda Lord Voldemort dan para pengikutnya.
  50. NOX Mematikan cahaya di ujung tongkat (kebalikan mantra Lumos).
  51. OBLIVIATE Menghapus atau memodifikasi ingatan seseorang 
  52. OPPUGNO : Mantra untuk membuat makhluk yang berada di bawah kontrol mantra menyerang target yang diinginkan pemantra.
  53. ORCHIDEUS Mengeluarkan sebentuk karangan bunga dari ujung tongkat.
  54. PERICULUM : Mantra yang digunakan untuk memunculkan bunga api. Bunga api ini biasanya digunakan oleh para penyihir untuk memberi sinyal, terlebih karena penampakannya yang seperti kembang api muggle biasa. Lafal mantranya adalah “Periculum”.
  55. PETRITICUS TOTALUS Membuat sekujur tubuh korban menjadi kaku
  56. PRIOR INCANTATO Mengeluarkan bayangan hantu dari tongkat 
  57. PROTEGO: Mantra pelindung.
  58. QUIETUS Membuat suara perapal mantra menjadi normal, setelah memakai mantra Sonorus.
  59. REDUCTO Menghancurkan benda padat yang menghalangi jalan. 
  60. RELASHIO: Mantra untuk mengeluarkan gelembung air panas di dalam air
  61. RENNERVATE: Memulihkan efek mantra pemingsan.
  62. REPARO Mengembalikan keadaan suatu benda ke keadaan sebelum benda itu rusak.
  63. RICTUSEMPRA ‘Sempra’ berasal dari kata ’sempre’ yang artinya ’selalu’, sedangkan ‘rictum’ artinya mulut/rahang yang terbuka, Membuat korban terbahak-bahak tanpa dapat mengontrolnya.
  64. RIDDIKULUS Mantra untuk menghadapi Boggart. Catatan : Mantra ini membuat Boggart berubah menjadi apa pun yang kita suka, sehingga tidak menakutkan lagi (karena Boggart dapat berubah menjadi apa saja yang menjadi ketakutan terbesar korbannya) 
  65. SCOURGIFY: Mantra untuk membersihkan sesuatu.
  66. SERPENSORTIA Mengeluarkan ular besar dari ujung tongkat yang mengarah ke lawan pemantra 
  67. SILENCIO: Mantra untuk membuat taget terdiam.
  68. SPONGIFY: Mantra untuk melembutkan benda menjadi lembut.
  69. STUPEFY Membuat korban menjadi tidak sadar.
  70. TARANTALLEGRA Membuat kaki korban bergerak tanpa kendali, seperti sedang berdansa cepat
  71. TERGEO : Mantra untuk membersihkan objek atau seseorang.
  72. VERA VERTO : Mantra transfigurasi untuk merubah binatang menjadi cangkir atau teko.
  73. WADDIWASI Mengeluarkan sebuah benda dan membuangnya ke arah tertentu.
  74. WINGARDIUM LEVIOSA Menerbangkan benda. Mantra Pengangkat Wingardium Leviosa berasal dari penggabungan tiga kata yang berasal dari bahasa Latin, yaitu wing, arduus, dan levo. Wing memiliki arti ‘tinggi’; arduus memiliki arti ‘langkah’; dan levo memiliki arti ‘melayang’ atau ‘levis’ yang berarti ‘ringan’. Jika digabungkan, secara sederhana mantra ini bisa diartikan sebagai mantra terbang beberapa langkah tingginya. Penulisan mantra yaitu Wingardium Leviosa, namun pengucapannya adalah win-GAR-dee-um lev-ee-OH-sa. Cara mengayunkan tongkat yang baik agar menghasilkan mantra yang mantap yaitu dengan mengarahkan tongkat ke benda yang akan diterbangkan. Tongkat sihir bukannya diacungkan, tetapi diayunkan dan disentakkan. Gerakannya seperti seorang kondektur di orkestra yang sedang mengatur irama para pemusiknya. Ayun dan sentakkan tongkat dengan pergelangan tangan saja. Tidak perlu tenaga yang berlebihan dan tidak perlu menggerakkan seluruh lengan, cukup pergelangan tangan. Ketika Anda sudah berhasil mengayun, menyentak, dan mengucapkan mantranya dengan pas, kilatan cahaya putih transparan dari ujung tongkat akan melesat cepat ke arah benda tanpa Anda sendiri sadari. Cahayanya samar, tidak seperti kebanyakan mantra tingkat tinggi lainnya yang memiliki kilatan cahaya terang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar