Kamis, 30 Desember 2010

Sejarah Transfigurasi

Seperti yang telah disadari oleh semua orang, tidak ada yang tahu dari mana sihir itu muncul. Ada suatu teori yang menyatakan kalau sihir telah ada dan selalu ada di mana-mana. Seiring berjalan waktu, mulailah muncul orang-orang yang dilahirkan dengan kemampuan sihir dan mampu mengendalikannya. Transfigurasi pun tak jauh berbeda. Tidak ada ‘penemu’ dari tipe sihir yang ini. Legenda mengatakan bahwa sebelum waktu diperhitungkan, tinggal seorang penyihir tua yang eksentrik (gila) yang bernama Belvaius yang sangat tidak mempercayai manusia sehingga dia tinggal menyendiri di bukit yang tinggi hanya bersama hewan dari kayu yang dia ukir sendiri sebagai teman hidupnya. Lama menginginkan teman hidup yang lain, Belvaius mulai bereksperimen dengan tongkatnya dan pelafalan mantra dengan harapan untuk memberikan kehidupan pada suatu benda. Satu hari, dia melakukan gerakan tongkat dan pengucapan mantra Conjurus Incarceous, dan memberikan kehidupan pada ukiran miliknya. Tapi makhluk ini bukanlah hewan biasa. Makhluk-makhluk itu merupakan makhluk yang eksotis dan berbahaya yang tunduk pada pembuatnya, dan kemudian lari serta mengacau di kota di bawahnya. Setelah kerjadian tersebut, para penyihir berkumpul dalam satu tempat untuk menentukan peraturan dalam Transfigurasi, yang mengantar pada peraturan yang kita punya sekarang.

Penyihir Yunani kuno bernama Falco Aesalon adalah animagus terdaftar yang pertama, yang bentuknya adalah seekor falcon. Circe Yunani kuno dapat mengantarkan para pelaut tersesat untuk mengubah mereka menjadi babi. Ratu penyihir Morgan le Fey adalah animagus dengan bentuk burung. Dan seorang penyihir malang yang sedang dimbauk cinta bernama Mirabella Plunkett, jatuh cinta pada manusia duyung di Loch Lomend, dan keluarganya tidak menyetujui hubungan mereka, dia mentransfigurasi dirinya menjadi ikan dan tidak pernah terlihat lagi. Bertahun lamanya sejak transfigurasi menjadi kubu yang kuat di dunia sihir, penyalahgunaannya merajelela di mana-mana. Para penyihir menjadi rakus dan mencoba untuk menyulap uang, melenyapkan musuh, berbuat curang, sehingga membuat komunitas sihir harus mengatur penggunaan dari transfigurasi.

Penyihir hebat bernama Gerrard Gamp mengeluarkan garis besar dari hukum untuk mengatur transfigurasi tersebut pada tahun 1895. Hukum ini kemudian dikenal sebagai Hukum Gamp tentang Transfigurasi Elemental (Gamp’s Law of Elemental Transfiguration) dan 5 Hukum Gamp Pengecualian Dasar (Gamp’s 5 Principal Exceptions). Adapun hukum tersebut adalah sebagai berikut.

Gamp’s Law of Elemental Transfiguration
1. Benda hidup. Benda dapat dihidupkan, membawa kehidupan pada objek tak-bernyawa, tetapi mantra pada objek tersebut akan menghilang dalam jangka waktu tertentu.
2. Transfigurasi Diri Sendiri. Kau bisa mentransfigurasi dirimu sendiri dan orang lain, tetapi efeknya akan menghilang pada akhirnya. Animagus/Metamorphagus adalah berbeda.
3. Transfigurasi Kombinasi. Kau dapat menyatukan dua benda secara permanen untuk membuatnya menjadi satu benda, hanya jika objek asli yang digunakan. Pikirkan tentang tanaman hibrida.
4. Mantra Pertukaran. Kau bisa menukar bagian-bagian dari satu benda dengan yang lain, tetapi efeknya tidak permanen. Semakin dekatnya hubungan benda tersebut dengan bagian yang ditukar, semakin lama efeknya bertahan. Contohnya adalah telinga kelinci dan anjing.
5 Gamp’s Principal Exceptions
1. Makanan tidak dapat diciptakan dari udara kosong. Makanan dapat dipanggil, dilipatgandakan, dan ditransformasikan. Tetapi perhatikan dengan pelipatgandaan makanan karena nutrisinya bisa hilang dan makanan tersebut menjadi kosong.
2. Uang tidak bisa dimunculkan ataupun dibuat, juga tak bisa mengganti denominasi menjadi lebih berharga. Mantra penimbul bekas sihir seperti Speacialis Revelio bisa digunakan untuk menimbulkan bukti adanya penggunaan mantra tersebut pada objek.
3. Cinta tidak bisa dibuat, hanya dapat diimitasikan dengan menggunakan ramuan atau dengan Kutukan Imperius.
4. Yang telah mati tidak bisa dihidupkan kembali. Mereka bisa dibuat bergerak kembali, dalam bentuk inferi, tetapi mereka tidak akan pernah bisa hidup kembali.
5. Tempat perlindungan dan tanah tidak dapat dibuat. Transfigurasi dapat digunakan untuk mengubah warna dan bentuk, tetapi tidak bisa membuat atau menambah jumlah di mana tidak ada.

Hukum tersebut dibuat untuk mengekang penyalahgunaan dan kerakusan. Kau harus cukup bijak untuk mengikuti hukum tersebut, atau kau bisa saja mendapat hukuman yang sangat berat.

Saat sebuah benda ditransfigurasikan, maka benda tersebut berubah menjadi benda yang baru. Artinya, apabila suatu percobaan dilakukan pada seekor landak, yang telah diubah menjadi cangkir teh, maka percobaan tersebut hanya akan menimbulkan fakta bahwa benda tersebut adalah cangkir teh. Segala sisa dari landak tersebut akan hilang sampai efek mantra tersebut menghilang. Benda-benda kecil dapat ditransfigurasikan menjadi benda besar, dan begitu pula sebaliknya. Seekor tikus dapat diubah menjadi seekor gajah, dan juga sebaliknya. DNA, atau terbuat dari apapun objek tersebut, berubah secara total, massa benda tersebut juga berubah, dan tidak ada bukti ke mana massa tersebut pergi. Tapi ingat, perubahan tersebut tidak permanen, jadi siapapun yang berniat mengubah saudaranya menjadi hewan, mereka akan kembali ke bentuk semula.

Transfigurasi sangat berbahaya dan dapat menjadi sangat berbahaya apabila digunakan dengan tidak sesuai. Gerakan tongkat yang tepat adalah hal yang sangat penting. Coba pikirkan seperti ini. ketika kau menggunakan tongkatmu, dia ‘mengatakan’ atau mengarahkan mantranya kepada objek. Mantra sangat penting sebagaimana mereka membawakan jenis sihir yang kau kehendaki. Konsntrasi adalah kunci saat menggunakan sihir. Kau harus memiliki hasrat untuk mau melakukan sihir. Tongkat kemudian digunakan untuk memfokuskan sihir pada target. Gerakan tongkat yang tidak tepat seperti salah mengucapkan kata, dan sihir yang kau rapalkan bisa berantakan.

MANTRA MANTRA DALAM TRANSFIGURASI

Transfigurasi adalah cabang ilmu sihir di mana sang penyihir belajar untuk mengubah benda atau objek menjadi sesuatu yang lain,cabang ilmu sihir ini sangat rumit namun juga sangat berguna.
transfigurasi juga tak lepas dari mantra dan ayunan tongkat sihir.

karena perapalan mantra yang salah akan membuat objek yang di rubah tidak akn berubah secara sempurna bahkan berkemungkinan rusak.
semakin rumit benda yang di rubah semakin rumit pula penerapan nya, apalagi jika benda yang ubah adalah makhluk bernyawa.karna dalam transfigurasi ketika sang penyihir merubah benda atau makhluk hidup,
ia bukan hanya mengubah tampilan nya, namun ia juga mengubah susunan, molekul bahkan mencapai tingkat atom.
maka sebelum kau mencoba mengubah sesuatu, pelajarilah dahulu mantra mantra dan ayunan tongkat sihir nya.
adapun mantra mantra dalam transfigurasi adalah sebagai berikut.

TRANSFORMATION SPELL . (Mantra pengubah bentuk)
Mantra-mantra ini adalah mantra yang di pakai untuk mengubah benda,sehingga benda yang di jadikan objek berubah, baik bentuk,maupun susunan nya.

adapun mantra-mantra nya ialah:

~*Vera verto = mantra mengubah hewan menjadi piala atau cangkir.
~* Avifors =mantra untuk mengubah patung kecil menjadi burung
~ * Draconifors =mantra untuk mengubah patung naga menjadi naga nyata yang akan bernapas api
~* Ducklifors = mantra mengubah lawan menjadi bebek
~* Incarcifors =mantra mengubah bentuk suatu benda yang bisa di gunakan untuk menangkap/ memenjarakan lawan
~ * Lapifors =mantra untuk mengubah benda kecil menjadi seekor kelinci
~* Melofors - = mantra untuk mengubah kepala lawan menjadi labu
~* Snufflifors = mantra untuk mengubah buku menjadi tikus
~ * Scribblifors = mantra untuk mengubah objek menjadi duri
~* Steelclaw = mantra untuk membuat kuku hewan besar dan terbuat dari baja
~* Densaugeo = mantra untuk membuat gigi korban menjadi besar
~*Pullus =mengubah Erklings menjadi angsa
~*Snufflifors =merubah buku menjadi tikus-tikus
~*Diminuendo =mantra mengubah target menjadi menciut atau mengecil seperti boneka

VINISHING SPELL (mantra pelenyap)
Mantra pelenyap adalah mantra yang di pakai dalam pelajaran transfigurasi pada tahun ke lima.
adapun cara kerja mantra ini adalah mengubah eksistensi benda yang di sihir menjadi benar-benar hilang tanpa bekas, dan tidak dapat di panggil kembali.
Adapun mantra -mantra yang tergolong dalam mantra pelenyap ialah:

-Arania Exumai=menghilangkan laba-laba dalam jumlah sedikit
-Deletrius=menghapus bayangan hantu yang dihasilkan oleh mantra Priori Incantatem
-Evanesco=membuat sesuatu lenyap atau hilang
-Scourgify=melenyapkan noda atau kotoran
-Tergeo=menghilangkan kotoran dalam jumlah sedikit
-Vipera Evanesca-melenyapkan ular

CONJURING SPELL (mantra Pengadaan)
mantra pengadaan adalah mantra yang di pakai dalam plajaran Transfigurasi pada tahun NEWT di Hogwarts,
secara garis besar nya, mantra ini mengadakan atau menciptakan sesuatu dari udara kosong, hal ini sangat lah sulit, karena mengubah udara menjadi benda padat, cair, atau bahkan makhlik hidup bukanlah pekerjaan gampang.
di butuhkan fokus fikiran pada benda-benda yang akan di hasilkan.

Adapun yang termasuk dalam mantra pengadaan ialah:

-Aguamenti =menciptakan air dari tongkat
-Avis = memunculkan sekawanan burung kecil
-Aqua Eructo =mangeluarkan air yang menyembur lurus dari ujung tongkat
-Carpe Retractum =mengeluarkan cairan lengket untuk menarik sesuatu
-Ferula = memunculkan batang kayu untuk membalut kaki yang patah
-Fiendfyre = menciptakan api yang besar dan ganas
-Glacius= menciptakan es batu dari tongkat
-Incarcerous=menciptakan tali untuk membelit tubuh seseorang atau sesuatu
-Orchidideous=memunculkan karangan bunga dari ujung tongkat
-Serpensontria=menciptakan ular dari tongkat

masih ada banyak mantra lagi yang di pakai dalam transfigurasi, karna seperti umumnya sebuah pengetahuan, akan terus berkembang seiring bertambah nya zaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar